Hari Buruh - Sehari Kemerdekaan Kaum Buruh


Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. (wikipedia)


sejarah hari buruh
Setiap tanggal 1 Mei, para buruh di seluruh dunia memperingati hari perlawanan. Penetapan tanggal 1 Mei ini, erat kaitannya dengan perjuangan buruh menuntut diberlakukannya 8 jam kerja sehari, serta tragedi Haymarket di Chicago, AS.

Pada tanggal 1 Mei 1886 sebanyak 350.000 orang buruh melakukan mogok massal di beberapa tempat di AS. Mereka diorganisir oleh Federasi Buruh Amerika. Kaum pekerja ini menuntut perbaikan kesejahteraan dan jam kerja 8 jam sehari. Pada saat itu, kesejahteraan buruh sangat memprihatinkan. Mereka dipaksa bekerja hingga 15 jam sehari.



Aksi ini terus berlanjut. Pada tanggal 3 Mei 1886, pemerintah mengirim sejumlah polisi untuk meredam pemogokan pekerja di pabrik McCormick. Polisi menembaki para buruh yang melakukan aksi mogok. Empat orang tewas, puluhan luka-luka. Hal ini menimbulkan amarah di kalangan kaum buruh.

Puncaknya terjadi tanggal 4 Mei, aksi buruh dipusatkan di lapangan Haymart. Aksi yang diikuti puluhan ribu buruh ini awalnya berjalan damai. Namun tiba-tiba sebuah bom meledak di dekat barisan polisi. Seorang polisi tewas dan belasan terluka. Polisi membalas dengan menembaki para buruh yang masih bertahan. Banyak yang terluka dan tewas.

Meskipun tidak jelas siapa yang meledakan bom, pemerintah melakukan tindakan keras pada para aktivis buruh. Lokasi pertemuan mereka digrebek. Hampir semua tokoh buruh ditangkap. Pengadilan berjalan berat sebelah. 8 Orang pimpinan buruh dijatuhi hukuman gantung. August Spies, Albert Parsons, Adolph Fischer dan George Engel, tewas di tiang gantungan. Sedangkan Louis Lingg bunuh diri saat dalam penjara. Hukuman untuk Michael Schwab, Samuel Fielden dan Oscar Nebe diganti menjadi hukuman penjara seumur hidup.

Masyarakat marah atas hasil pengadilan tersebut. Mereka menuduh pengadilan AS korup dan memihak kaum pengusaha. Aksi mendesak pemerintah untuk membebaskan para aktivis buruh yang ditahan terus berlangsung. Akhirnya tahun 1893, 3 orang aktivis buruh tersebut dibebaskan.

Tanggal 1 Mei sebagai momentum pergerakan perjuangan buruh pun akhirnya ditetapkan sebagai hari buruh dalam Kongres Internasional Buruh di Paris tahun 1890. 1 Mei pun kemudian populer dengan sebutan may day. (detik.com)

sekilas artikel tentang hari buruh tresebut saya tulis untuk ikut serta memperingati hari buruh sedunia tanngal 1 May.. gambar diatas memperlihatka demo para buruh.. bagaimana sekelmpok orang yang (saya yakin) sebelumnya dianggap remeh, kecil, tak berharga oleh para kaum kaya tak berharga, hanya sebatas pekerja, robot, yang di bayar.. sungguh menyedihkan.. hanya sdikit sekali para buruh yang mendapatkan hak-haknya.. hingga pada hari ini, tahun ini, tahun lalu selalu mencurahkan aspirasi, unek-unek mereka di hari buruh ini... semua mereka keluarkan...

saya disini juga termasuk seorang (calon) buruh, buruh dari rakyat,(bakal calon pns gan).. disini saya juga berhak dan ikut merayakan gegap gempita perayaan hari buruh..

May Day punya siapa???

menurut saya hari buruh tidak hanya milik kaum buruh, tapi seharusnya milik kaum kecil, masyarakat kecil, ntah buruh tani, buruh pabrik, tukang ojek, pengemis, supir angkot, kernet kopaja, atau tukang gali kubur sekalipun..
mereka seharusnya memperjuangkan dan mendapatkan kebahagiaan mereka.. mereka bekerja mati2an sepanjang hari untuk hanya mendapatkan sesuap nasi bagi keluarga mereka bahkan itu kadang tak mencukupi kebutuhan mereka... sungguh miris itu terjadi di negeri yang kaya akan sumber daya alam..

mungkin ini hanya ide konyol dari saya, untuk memberdayakan mereka ditempat yg sesuai kapasitas mereka kemampuan mereka.. pemerintah mendirikan pusat kerajikan dan ketrampilan bagi para tuna wisma, tuna susila dll. dan program itu dijalankan dengan serius tanpa ada intervensi dan konflik kepentingan, pure ingin memperbaiki keadaan ekonomi dan sosial.. mungkin dgn itu angka kriminal akan berkurang karena aksi kriminal salah satu faktor utamanya adalah ekonomi dan kesenjangan sosial..

seharusnya kita berbenah diri dan memperbaiki keadaan tersebut....

tapi semuanya tak ada yang sempurna, tak akan ada semua pihak yang tercukupi kepuasaannya.. hanya ada segelintir pihak yang terpuaskan akan suatu keadaan... dan lagi-lagi apakah para kaum kecil, minoritas ini yang akan menjadi korban????

semoga tahun depan, tanggal 1 may akan menjadi hari dimana mereka merayakan kemerdekaan mereka dan mendapatkan keadilan....

0 Response to "Hari Buruh - Sehari Kemerdekaan Kaum Buruh"

Posting Komentar